loading...

20 Tips Cara Mengenali Jati Diri Sebenarnya, WOW!

MASIBAS.MY.ID | Cara Mengetahui Jati Diri - Apakah Anda sudah mengetahui siapa diri Anda sebenarnya…?? Well, jati diri adalah karakter dasar yang merupakan diri sejati yang akan ditemukan seiring semakin beranjak dewasanya usia. Jati diri juga dapat diartikan sebagai tujuan hidup yang sesungguhnya yang harus dicapai semua manusia. Namun, bagaimana caranya untuk mendapatkan jati diri yang mungkin telah hilang entah kemana…?? 

Jati diri seseorang

Langkah awalnya cukup mudah, yaitu mengidentifikasi dahulu siapa kita dan bagaimana seharusnya kita bertindak. Sepanjang hidup, ada cara-cara yang lebih mudah dan lebih sulit untuk memperoleh hasil-hasil yang kita pilih. Namun tentu saja tujuan hidup itu tidak ada perbedaan, jikapun ada, tentu perbedaan ke arah yang positif, bukan…?? 

Dalam kehidupan yang modern ini, yang semuanya cenderung bergerak serba cepat, seringkali membuat kita melupakan siapa diri sendiri dan kehilangan kendali. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membawa kita kembali ke diri sejati. Kreativitas dan intusisi kita akan membantu kita untuk sejalan dengan karakter hingga mendapatkan hidup yang penuh tujuan.

Baiklah sahabat, langsung saja yuk kita simak cara untuk mengembalikan dan menemukan jati diri kita yang sebenarnya… 

Inilah 20 Cara Mengetahui Jati Diri Seseorang


1. Intropeksi diri 

Untuk menemukan jati diri, Anda harus bisa mengidentifikasi diri atau yang sering disebut intropeksi diri. Anda dapat mempelajari diri Anda dengan berpikir, merenung, dan bertanya kepada orang tua Anda segala sesuatu tentang diri anda waktu kecil, tentang keahlian Anda pada waktu anda kecil. Karena hal ini memiliki kaitan yang sangat besar dengan jati diri Anda di saat dewasa. 

2. Mintalah orang untuk mengkritik 

Kritikan yang bersifat baik merupakan sebuah cermin diri anda. Tidak peduli itu kritikan membangun atau kritikan pedas. Dengan demikian, kita bisa mengetahui karakter kita dan bisa kita ubah menjadi lebih baik lagi. 

3. Merenungi masa lalu 

Tidak ada salahnya jika Anda masih menyimpan masa lalu, baik itu positif maupun negatif. Anda akan mengetahui bakat anda dahulu seperti apa. Suatu hal yang sangat Anda sukai merupakan bakat alami anda, seperti contohnya bakat menulis, tidak tertutup kemungkinan bahwa Anda dapat menjadi seorang penulis di masa depan. 



4. Jalani hidup dengan membaca 

Membaca segala sesuatu yang dapat dibaca. Mulai dari membaca alam, situasi, jalan keluar, peluang, hingga membaca hal sederhana seperti tulisan. Dengan hal ini, kita akan mampu mengenali apa dan siapa diri kita sebenarnya. 

5. Percaya diri 

Percaya diri merupakan sebuah kunci utama segala sesuatu yang kita lakukan. Dengan kepercayaan diri, maka kita dapat melangkah dengan mantap dan pasti tanpa takut akan resiko yang akan dihadapi selagi haltersebut tidak melanggar nilai dan norma. 

6. Kejelasan 

Berbicaralah dengan suatu kejelasan tujuan. Hal ini akan menjadikan sebuah semangat tentang tujuan kita menjalani kehidupan tanpa ragu mengambil keputusan yang memang dikatakan baik oleh hati kecil kita, karena hati kecil tidak pernah bohong dan selalu berada pada koridor kebenaran. 

7. Proporsional

Kurangi dan gali segala sesuatu sampai pada dasar intisarinya. Selidikilah segala sesuatu hingga pada akarnya. Selanjutnya, kita selalu dapat menguraikannya kembali. Mengetahui intisari sesuatu membantu kita menyatukan sesuatu itu dengan tujuan hidup kita.

8. Intuisi kreatif 

Segala sesuatu yang kita jalani tentulah berawal dari ide kreatif. Baik itu dari orang lain maupun dari diri sendiri. Namun usahakanlah untuk menumbuhkan intuisi dan kreativitas itu dalam diri Anda, hingga kita benar-benar dapat menjalani hidup dengan selaras. 

9. Kesederhanaan 

Kesederhanaan adalah sebuah kemurnian yang mulia. Cukup lakukan apa yang mampu Anda lakukan, katakan apa yang dapat Anda ucapkan. Jangan memaksakan diri untuk sesuatu yang tidak sanggup Anda perbuat. 

10. Kerja sama 

Kerjasama yang besar dilahirkan (diciptakan) dari sebuah rasa hormat yang mendasar kepada pendangan-pandangan dan kemampuan-kemampuan orang lain. Karena apa pun yang menjadi tujuan hidup, kita selalu membutuhkan uluran tangan orang lain. 

11. Hadir 

Hiduplah untuk masa sekarang. Kehidupan ini adalah apa yang sedang Anda jalani saat ini, tak peduli apapun yang telah terjadi. Itu semua nyata dan sempurna. Jangan menengok ke belakang ataupun terlalu memikirkan apa yang akan terjadi di masa mendatang. Namun yakinkan bahwa Anda selalu ada setiap kali jiwa Anda membutuhkan diri Anda. 

12. Bersatu dengan alam 

Duduklah di rerumputan atau di bawah sebuah pohon. Rasakan putaran bumi, keagungan angkasa raya, dinginnya udara yang menerpa wajah Anda, atau kehangatan sinar matahari pagi. Banyak versi yang dapat dilakukan oleh semua orang berkaitan dengan hal ini.

13. Olahraga 

Berolahraga secara teratur memberi jeda pada pikiran Anda yang terus berkecamuk, membantu memperlancar peredaran darah, membersihkan racun dari tubuh, dan memberi Anda energi serta banyak keuntungan lain. Pilihlah aktivitas yang memberi Anda kesenangan dan buatlah perpaduan untuk menambah kenyamanan. 

14. Spiritual 

Kenali dan sadari Anda adalah pribadi yang penting dan unik. Lakukan meditasi, atau duduk tenang di kesunyian, dan nikmati saat-saat itu. Baca buku-buku keagamaan atau panduan kepribadian yang membawa pesan positif dan membuat Anda merasa kuat. Serta jangan lupa untuk bersyukur kepada Sang Maha Pencipta. 

15. Memaafkan 

Maafkan seluruh bagian diri Anda, atas segala kekurangan dan ketidaksempurnaan. Maafkan diri Anda untuk semua kesalahan yang pernah Anda buat di masa lalu, maafkan ketakutan masa kecil Anda, maafkan emosi dan kemarahan masa remaja Anda, maafkan masa dewasa awal Anda yang tak mau mengambil resiko. Maafkan kesalahan orang tua Anda, saudara kandung, kerabat dan orang-orang di masa lalu. Lepaskan segala beban, karena mema’afkan akan menimbulkan kedamaian hidup.
  
16. Bersenang-senang 

Beri kesempatan pada diri Anda untuk merasa rileks dan memanjakan diri. Baca buku yang menyenangkan. Keluarkan uang sekali-kali untuk membeli hal yang paling Anda inginkan. Lakukan kesenangan hanya untuk diri Anda sendiri. Namun ingat, jangan terlalu berlebihan. 

 17. Nutrisi 

Penuhi kebutuhan tubuh akan makanan bernutrisi. Konsumsi vitamin yang bermanfaat untuk tubuh. Dengan tubuh sehat dan bugar membuat Anda selalu menghargai hidup. 

18. Buang penilaian buruk 

Berhentilah untuk menilai dan menyalahkan. Jangan melontarkan kritikan pada orang lain ataupun diri sendiri. Ucapkan kata-kata yang memberi dorongan pada diri dan semua orang yang Anda jumpai. Terima orang lain apa adanya, lengkap dengan segala perbedaan yang mereka miliki. 

19. Bantu orang lain 

Ulurkan tangan pada teman yang membutuhkan. Tawarkan bantuan tanpa syarat pada orang lain. Jadilah pendengar yang baik dan benar-benar mendengarkan apa yang dikatakan orang lain. Temukan cara untuk membantu orang lain mengangkat beban hidup dengan mendengarkan keluh kesah mereka. 

20. Tumbuhkan cinta 

Cintai diri Anda dan gunakan kata-kata positif untuk memberi dorongan. Puji orang lain dengan tulus dan buat mereka tersenyum. Bicaralah dengan penuh kasih dan ketulusan dari dasar hati. 

Nah sahabat, bagaimana tanggapan Anda…?? Apakah Anda sudah menemukan jati diri Anda yang sebenarnya…?? Atau mungkin Anda masih ingin terus mencari dan mencari hingga benar-benar mendapatkan jati diri yang sebenarnya…?? Keputusan ada di tangan Anda… ^_^ 

 Baiklah sahabat, itulah sedikit informasi tentang tips cara mencari jati diri yang dapat kami sajikan untuk edisi kali ini.

Nama Anda
New Johny WussUpdated: 3/13/2015
SHI