Cara Gadai BPKB Mobil Jakarta Timur yang Praktis Anti Ribet

Gadai BPKB Mobil Jakarta Timur

Selain pinjaman uang yang berasal dari bank, maka banyak juga tawaran produk pinjaman dari lembaga keuangan non bank, termasuk diantaranya adalah gadai. Tentu banyak yang sudah tidak asing dengan istilah yang satu ini bukan. Karena keberadaan lembaga gadai yang ada di Indonesia sendiri juga terbilang begitu banyak, mulai dari gadai BPKB mobil Jakarta Timur, gadai sertifikat rumah dan masih banyak lagi diantaranya yang bisa Anda jadikan sebagai alternatif pilihan. Tentunya dalam menggadaikan barang ini sendiri harus disesuaikan dengan kebutuhan keuangan.

Faktanya berbeda dengan produk pinjaman uang dalam bentuk KTA atau Kredit Tanpa Agunan, dimana sudah ditentukan berapa besar plafon maksimal yang diberikan oleh bank atau lembaga tersebut. Maka gadai ini tidak, karena memang plafon menyesuaikan dengan kondisi barang yang digadaikan atau dijadikan sebagai agunan. Karena semakin mahal harga barang tersebut, maka nantinya Anda bisa mendapatkan pinjaman dalam jumlah yang tinggi.

Hanya saja mungkin banyak diantara Anda yang merasa bahwa prosedur gadai ini cenderung ribet dan juga lama waktunya untuk bisa cair. Sebenarnya tidak, akan jadi lebih cepat dan mudah jika Anda mengikuti beberapa langkah di bawah ini, yaitu:
  • Memilih lembaga gadai yang terpercaya, penting untuk sebelumnya Anda menentukan lembaga gadai mana yang dijadikan sebagai pilihan. Diantaranya adalah dengan memastikan legalitasnya terlebih dahulu. Tak perlu khawatir karena sekarang ini OJK sendiri sudah menyebutkan ciri-ciri mengenai lembaga gadai yang ilegal yang memang patut untuk diwaspadai, seperti diantaranya adalah menerapkan suku bunga yang tinggi, belum terdaftar OJK, tidak memiliki tempat untuk menyimpan barang gadai tersebut, barang gadai tidak diasuransikan, sampai dengan tidak punya jasa taksir yang sudah tersertifikasi.
  • Pastikan bahwa kendaraan yang akan Anda gadaikan adalah milik sendiri dan berusia kurang dari 5 tahun, prosesnya akan jadi ribet jika seandainya BPKB kendaraan tersebut bukan milik sendiri, melainkan milik orang lain. Karena pegadaian sendiri juga akan menyeleksi secara ketat sehingga dikemudian hari tidak berpotensi menyebabkan masalah. Pastikan juga bahwa pajaknya masih aktif atau rutin Anda bayar.
  • Bawa serta mobil yang akan digadaikan, ingat meskipun nantinya kendaraan tersebut tidak ikut digadaikan, melainkan hanya surat BPKB saja. Namun barang ini juga akan dilihat oleh pihak gadai, untuk memastikan berapa pasaran harganya dengan melihat langsung fisik dan juga performanya. Dengan tujuan nantinya mereka tak akan salah dalam memberikan jumlah pinjaman kepada nasabah.
  • Lengkapi semua berkas yang diminta, langkah selanjutnya adalah dengan memastikan bahwa semua berkas yang dijadikan sebagai syarat oleh lembaga gadai tersebut juga sudah Anda bawa atau sertakan. Umumnya tak banyak berkas atau dokumen yang diminta, hanya terbatas pada KTP, BPKB kendaraan, KK dan sejenisnya. Karena jika sampai ada yang tidak dilengkapi maka prosesnya akan lama, Anda harus bolak-balik untuk melengkapi berkas yang kurang.
Gadai BPKB mobil Jakarta Timur ini agaknya bisa dijadikan sebagai pilihan terbaik bagi Anda yang memang tengah membutuhkan pinjaman uang secara cepat. Namun juga patut bagi Anda untuk mewaspadai karena takutnya lembaga tersebut tidak terpercaya. Apalagi sekarang ini jauh lebih banyak keberadaan dari lembaga gadai yang ilegal dibandingkan dengan yang legal, seenaknya dalam membuat kebijakan yang cenderung merugikan nasabahnya. Jadi wajib berhati-hati.

Belum ada Komentar untuk "Cara Gadai BPKB Mobil Jakarta Timur yang Praktis Anti Ribet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel