Inilah 5 Kebiasaan Sepele yang Bisa Meningkatkan Resiko Terinfeksi Virus Corona


Di Indonesia per tanggal 15 April 2020 angka kematian akibat virus Corona sudah mencapai 459 orang. Bahkan sangat mungkin nantinya akan bertambah semakin banyak lagi jika seandainya masyarakat masih tidak sadar untuk mengupayakan langkah pencegahan agar tidak sampai terserang oleh virus berbahaya ini. Corona ini merupakan jenis virus baru yang ditemukan pertama kali di Wuhan, China. Tidak memakan waktu lama penyakit tersebut kemudian menular ke berbagai penjuru dunia tanpa terkecuali, karena memang mobilitas manusia yang berlangsung secara cepat keluar masuk negara lain.

Hanya saja memang bukan jenis penyakit yang dapat disepelekan, karena ia menyerang dengan sangat cepat, begitu juga dengan resiko kematian yang disebabkan olehnya terbilang cukup tinggi, khususnya adalah yang ada di Indonesia sendiri dengan tingkat penanganan yang sangat kurang. Bahkan tak jarang juga diantaranya tenaga medis yang justru ikut terjangkit oleh virus tersebut sampai meninggal dunia, untuk itu patut diwaspadai.

Faktanya sendiri memang penularan dari virus Corona ini berlangsung secara cepat dari satu orang kepada orang lain. Bahkan terkadang tanpa disadari gejalanya. Ada juga beberapa kebiasaan remeh yang ternyata berpotensi untuk membuat Anda tertular atau terjangkit virus ini, berikut diantaranya adalah:

  1. Kebiasaan di dalam memegang wajah, secara tidak sadar kita memang sering kali memegang beberapa bagian wajah, bahkan sebelum cuci tangan terlebih dahulu. Padahal belum tentu tangan tersebut bersih terbebas dari kuman penyebab penyakit, jika ada Corona di dalamnya secara otomatis ia dapat masuk kedalam tubuh entah itu dari mulut ataupun juga hidung dan lebih cepat menginfeksi bukan. Untuk itu maka sebaiknya Anda tidak melakukan lagi hal semacam ini.
  2. Merokok, bagi para perokok bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya zat ini bersifat racun dan juga berpotensi besar untuk menyebabkan berbagai macam penyakit. Termasuk diantaranya adalah gangguan ada paru-paru. Bahkan kebiasaan merokok ini juga berpotensi besar menyebabkan Covid 19, karena Anda sering menempelkan rokok dan juga tangan ke area mulut.
  3. Jarang memperhatikan kebersihan lingkungan, kurang rajin di dalam membersihkan berbagai macam perabotan yang ada di rumah, termasuk juga adalah barang yang selepas digunakan dari luar rumah. Padahal bisa jadi barang-barang tersebut sebelumnya terpapar oleh virus namun Anda tidak menyadarinya. Sehingga bisa menularkan kepada seluruh anggota keluarga yang ada di rumah.
  4. Jarang cuci tangan, kebiasaan cuci tangan menggunakan sabun pastinya sudah diajarkan kepada Anda sejak masih kecil. Fungsinya tidak lain adalah untuk mencegah terkena penyakit. Mengingat tangan ini menjadi perantara pertama penyebaran penyakit, dengan cuci tangan secara rutin juga dapat menghindarkan diri dari Covid 19 . sebaliknya jika Anda kurang aktif dalam hal ini sudah pasti bisa memicu lebih mudah terserang Covid 19.
  5. Sering nongkrong atau kumpul-kumpul dengan teman, sudah ada aturan terkait dengan social distancing, jika Anda mengabaikannya dan masih sering kumpul dengan teman-teman. Maka hal ini beresiko tinggi untuk tertular virus, apalagi tanpa Anda tahu mungkin ada salah satu diantaranya yang menjadi pembawa virus tersebut.


Hati-hati mengingat pada dasarnya infeksi virus Corona ini bisa menyerang siapa saja tanpa memandang usia dan juga jenis kelamin, akan beresiko tinggi pada orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah. Temukan beragam jenis upaya pencegahannya lewat situs Halodoc.

Belum ada Komentar untuk "Inilah 5 Kebiasaan Sepele yang Bisa Meningkatkan Resiko Terinfeksi Virus Corona"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel