3 Jenis Bisnis yang Membutuhkan eKYC


Saat ini, perusahaan fintech semakin banyak. Kamu bahkan bisa menemukannya dengan mudah. Seiring berkembangnya perusahaan ini, teknologi lainnya juga ikut berkembang. Seperti misalnya, ekyc registration online.

Sejak kemunculannya, konsep KYC atau yang sekarang disebut eKYC memang ditujukan untuk bisnis dalam bidang keuangan. Namun seiring waktu, industri keuangan pun bertransformasi digital, sehingga model bisnis industri keuangan semakin beragam. Hal ini turut memperluas cakupan penggunaan eKYC, mulai dari perbankan hingga fintech yang beragam jenisnya.

Sudah tahu perusahaan apa saja yang membutuhkannya? Berikut daftarnya!

Perbankan

Di bank, jika kamu membuka rekening secara online, kamu tetap diharuskan untuk datang ke bank terdekat, atau menggunakan jasa kurir untuk mempercepat proses. Proses ini dapat diatasi dengan eKYC yang memberikan peluang bagi pelanggan untuk membuka rekening bank tanpa harus mengunjungi bank cabang. Padahal, lembaga keuangan harus fokus mengurangi kegiatan yang rumit dan mengonsumsi banyak waktu. Di sinilah seharusnya eKYC digunakan.

Asuransi

Perusahaan asuransi turut memiliki tanggung jawab untuk mengidentifikasi pelanggan dan memahami risiko yang akan mereka ambil sebelum memberikan layanan. Namun, proses yang panjang atau dirasa kurang nyaman dapat menjadi kendala bagi pelanggan untuk mendaftar layanan asuransi. Kendala itu dapat terbantu oleh eKYC di mana autentikasi dan verifikasi identitas pelanggan dilakukan secara digital.

Fintech

Startup yang bergelut di bidang Fintech sudah mulai populer di Indonesia. Namun sejumlah startup Fintech tersebut memiliki model bisnis yang berbeda, tergantung pada jenis layanannya. Tiga di antara startup Fintech yaitu mobile payment, peer-to-peer lending (P2P) hingga e-wallet. Terlepas dari perbedaan model bisnisnya, proses verifikasi pelanggan dilakukan dengan tahapan yang hampir sama.

Untuk perusahaan yang membutuhkan online assessment, teknologi semacam eKYC tentu sangat dibutuhkan agar proses pendaftaran klien lebih mudah. Hal ini juga sangat berguna di tengah pandemi yang sedang berlangsung sekarang.

Belum ada Komentar untuk "3 Jenis Bisnis yang Membutuhkan eKYC"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel