Cara Kerja Sistem Panel Surya


Urusan listrik menjadi prioritas utama yang harus dianggarkan dalam pengeluaran keluarga. Alasannya karena pemakaian hampir semua perangkat elektronik di rumah bergantung pada listrik.

Namun, melihat tarif dasar listrik (TDL) yang naik, tentunya membuat Anda terpikir untuk menghemat penggunaan listrik. Jika kurang cermat dalam pemakaian listrik di rumah, budget listrik akan membengkak dan menguras dompet.

Peningkatan populasi masyarakat juga berdampak pada semakin meningkatnya kebutuhan listrik. Ancaman krisis listrik pun meningkat karena harga bahan bakar semakin tinggi seiring dengan terbatasnya sumber daya alam. Hal ini menyebabkan kekhawatiran akan ancaman krisis listrik di Indonesia.

Menurut catatan WWF, kapasitas listrik di Indonesia belum mencukupi untuk melayani seluruh wilayah di Indonesia. Permintaan listrik di Indonesia tercatat terus meningkat, yaitu 10% – 15% per tahun, namun pembangunan pembangkit listrik masih kurang. Sebagai imbasnya, PLN melakukan pemadaman bergilir yang tentu saja merugikan konsumen.

Pemanfaatan sistem pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) bisa menjadi solusi dalam menghadapi ancaman krisis listrik. Sistem pembangkit listrik yang menggunakan panel surya atau dikenal juga dengan panel solar menjadi sumber energi yang ramah lingkungan.

PLTS dengan panel solar yang dipasang di atap semakin populer dan berkembang di masyarakat. Sistem ini dinilai mudah diimplementasikan, sederhana, dan kapasitasnya bisa disesuaikan dengan luas atap. Sistem ini juga diminati karena sinar matahari mudah didapatkan di Indonesia yang merupakan daerah tropis. Simak pengertian dan cara kerja panel surya berikut ini.


Panel surya adalah sebuah sistem yang dapat digunakan untuk mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik dengan menggunakan prinsip yang disebut efek photovoltaic. Energi listrik yang dihasilkan akan disimpan ke dalam sebuah baterai, kemudian digunakan untuk mengoperasikan perangkat elektronik sesuai kebutuhan listriknya.

Begini cara kerja dari panel surya https://sewatama.com/begini-solar-panel-menghasilkan-listrik/ Secara sederhana, cara kerja panel solar adalah dengan menyerap cahaya matahari dan menapung energi yang dihasilkan ke dalam sebuah baterai. Dengan demikian, sistem bisa berjalan meskipun di sore hari, malam hari, atau ketika kondisi hujan. Selain itu, terdapat kabel yang terintegrasi dengan instalasi listrik di dalam rumah. Ketika ada konsumsi listrik dari barang elektronik, misalnya ketika menyalakan televisi, secara otomatis tenaga listriknya diambil dari baterai. Dapatkan lagi informasi mengenai panel surya dengan mengunjungi Sewatama.com

Belum ada Komentar untuk "Cara Kerja Sistem Panel Surya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel