Inilah Alasan Assessment Center Tidak Bisa Lepas Dari Peran Pentingnya Di Perusahaan


Pengambilan keputusan dalam perusahaan itu tidak bisa dilakukan secara sembarangan, apalagi masalah rekrutmen dan penempatan karyawan. Hal itu akan memberikan dampak, jika baik akan memberikan kemajuan dan perkembangan tetapi begitu pula sebaliknya. Jika salah pasti akan berimbas pada masalah munculnya kerugian entah kecil ataupun besar. inilah kenapa rekrutmen pegawai itu perlu menggunakan metode yang jelas, seperti menggunakan peran dari assessment center sebagai penilaian diawal.

Tidak ada yang bisa menjamin calon pegawai bisa lolos dalam psikotes dan tahapan seleksi lainnya akan mampu menjaga kualitas dan turut mengembangkan perusahaan. Psikotes memang sangat perlu dan penting, tetapi perlu disadari jika hal itu tidak bisa menjamin kelayakan atau pemenuhan syarat atas jabatan yang akan diberikan pada calon karyawan. Begitu pula jika keputusan pengambilan karyawan hanya dilihat dari prestasi yang sudah dilalui sebelumnya, padahal untuk perkembangan perusahaan tidak bisa melihat itu dan justru perlu prestasi baik kedepannya.

Inilah kenapa metode assessment itu perlu digunakan, dimana metode ini akan menunjukkan penilaian atas apa yang akan digunakan dalam mengevaluasi kapasitas setiap calon pegawai ataupun pegawai sebelum menduduki posisi jabatan dalam perusahaan tersebut. penilaian yang dilakukan sendiri secara menyeluruh berdasarkan dengan kriteria tertentu yang dibutuhkan dalam bidang usaha tersebut. Jadi diharapkan hasil akan memberikan kemudahan para HR untuk memutuskan mana yang memang tepat dan mana yang tidak tepat berada pada posisi tersebut.

Sebuah metode penilaian karyawan sendiri atau lebih dikenal dengan assessment tidak bisa dilakukan secara mudah. Perlu proses yang cukup panjang dengan tahapan-tahapan tepat didalamnya, ini perlu untuk dipahami. Dalam persiapannya, ada beberapa langkah yang harus dilakukan seperti:

  • Pertama melakukan analisis pada pekerjaan yang akan dijadikan target, misalnya pada seorang analisis keuangan harus menggunakan jenis karyawan dengan skill seperti apa.
  • Menentukan kebutuhan karyawan seperti apa yang akan tepat menduduki kursi jabatan tersebut, ini akan memberikan kemudahan dalam proses penilaian.
  • Menentukan atas persyaratan wajib seperti apa untuk bisa masuk dalam menjadi kandidat.
  • Menetapkan dalam bentuk simulasi.
  • Menyusun materi dalam bentuk simulasi agar lebih mudah.

Dalam proses rekrutmen menggunakan metode assessment center sendiri assessor memiliki peran yang sangat penting. Harus mengawasi, mengamati, mengevaluasi secara jelas seperti apa yang akan dilakukan secara tepat. Dimana seorang assessor seyogyanya memang sudah professional, memiliki pemahaman yang baik dan memberikan perlakuan yang sama atas semua SDM saat melakukan penilaian. Hal itu bisa diamati, baik dalam bidang perilaku maupun pemahaman dalam bidang pekerjaan yang sedang dicari kandidatnya. Begitu pula tidak sendirian, assessor perlu untuk berdiskusi dalam melakukan pelaksanaan metode tersebut secara jelas.

Sebagai orang yang mengincar kedudukan dalam perusahaan tersebut tentu tidak bisa berjalan tanpa bekal. Supaya bisa lolos dan masuk menjadi kandidat kuat, ada baiknya untuk memperkuat bekal yang dibawanya. Seperti misalnya dengan melakukan pelatihan terlebih dahulu, dimana banyak tawaran mengenai program pelatihan bersertifikat bisa Anda manfaatkan. Secara otomatis hal tersebut akan memiliki peranan yang cukup baik, apalagi untuk mendukung usaha dalam memudahkan masuknya sebagai kandidat.

Sebenarnya proses penilaian karyawan dengan assessment sendiri tidak hanya pada saat perekrutan saja. Saat kenaikan jabatan, pemilihan pemimpin, mutasi ataupun lainnya juga bisa menggunakan jenis metode yang satu ini. Bagi perusahaan yang akan menggunakan metode tersebut tidak perlu bingung, apalagi banyak lembaga yang bisa dimanfaatkan. Seperti misalnya pada Prasmul-ELI dimana akan membantu perusahaan dalam menilai karyawan secara objektif dan komprehensif.

Prasmul-ELI merupakan salah satu lembaga yang cukup direkomendasikan untuk perusahaan yang ingin memberikan pelatihan kepada para SDM-nya. Dimana langkah awal dibantu dengan metode assessment center yang langsung ditujukan pada program pelatihan yang tepat seperti apa. Menawarkan banyak pilihan program yang bersertifikat baik, di Prasmul-ELI akan menjawab kebutuhan para SDM masa kini maupun perusahaan. Bagi Anda SDM baru, karyawan ataupun pemilik perusahaan yang perlu untuk mendapatkan pelatihan bisa langsung saja ke Prasmul-ELI. informasi lebih lengkap mengenai Prasmul-ELI bisa Anda cek melalui website atau bisa pula melalui telephone di 0821-1111-1150.

Belum ada Komentar untuk "Inilah Alasan Assessment Center Tidak Bisa Lepas Dari Peran Pentingnya Di Perusahaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel