Benarkah Lada Hitam Dapat Membantu Penyerapan Nutrisi Dalam Tubuh


Beberapa orang tak suka makanan pedas. Karena selain rasanya, makanan pedas juga seringkali mengkhawatirkan jika orang tersebut memiliki masalah dengan lambung dan pencernaan. Namun sebuah penelitian mengungkap bahwa makanan pedas ternyata juga bisa bermanfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah lada hitam atau blackpepper.

Blackpepper mengandung antioksidan bernama alkaloid phytochemical piperine yang membantu tubuh mencegah radikal bebas. Selain itu, lada hitam juga diketahui sebagai katalis yang meningkatkan zat lain yang bisa mencegah kanker dan peradangan.

Piperine dalam lada hitam akan merangsang sel untuk menyerap lebih banyak nutrisi dari makanan dan menahannya lebih lama. Kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi sama pentingnya dengan banyaknya nutrisi yang kita konsumsi setiap hari, seperti dilansir oleh Daily Health Post (03/09).

Meski kita banyak mengonsumsi makanan yang penuh nutrisi, namun jika sel tubuh tak bisa menyerap nutrisi dengan maksimal, maka nutrisi tersebut akan terbuang percuma. Karena itu, kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi juga sangat penting, dan lada hitam bisa membantu Anda untuk meningkatkan kemampuan tersebut.

Penelitian juga mengungkap bahwa lada hitam yang dicampur dengan konsumsi curcumin pada kunyit akan menjadi duet ampuh yang meningkatkan kesehatan Anda. Lada hitam akan menyerap nutrisi dalam curcumin dua kali lebih cepat dan lebih banyak dibanding jika tidak menggunakan lada hitam.

Piperine dalam lada hitam juga bekerja dengan memperlambat pemecahan nutrisi sehingga tubuh memiliki waktu lebih lama untuk menggunakannya pada sel. Piperine juga merangsang pergerakan asam amino dan menurunkan tingkat oksidasi pada sel. Tak hanya itu, piperine juga meningkatkan produksi serotonin dan melatonin yang mendukung fungsi otak dan meningkatkan kemampuan kognitif seseorang.

Dengan kemampuannya tersebut, piperine juga memberikan efek menenangkan pada pikiran dan mencegah stres atau depresi. Itulah manfaat yang terkandung dalam lada hitam. Namun tentu saja jangan menggunakannya terlalu banyak karena juga bisa berdampak pada pencernaan Anda.

Belum ada Komentar untuk "Benarkah Lada Hitam Dapat Membantu Penyerapan Nutrisi Dalam Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel