Penyebab dan Cara Mengobati Cantengan

Penyebab dan Cara Mengobati Cantengan

Cantengan merupakan suatu dimana terjadi kondisi yang ditandai dengan pembengkakan, kemerahan, dan rasa sakit pada ujung jari akibat pertumbuhan sisi sudut kuku yang menjorok ke dalam sehingga melukai kulit.

Kondisi ini paling umum dialami oleh jempol kaki terutama pada orang yang memiliki bentuk kuku melengkung dan tebal. Cantengan bisa terjadi di salah satu kuku kaki atau bahkan di keduanya.

Meski cantengan dapat sembuh dengan sendirinya, akan tetapi kondisi ini memiliki risiko kambuh kembali. Bahkan dibeberapa kasus Cantengan malah menimbulkan komplikasi jika tidak diobati dengan benar. Biasanya komplikasi cantengan dapat terjadi apabila penderita memiki riwayat diabetes atau kelainan pembuluh darah.

Penyebab Cantengan

Menurut informasi yang kami dapatkan dari sehatQ.com ada beberapa penyebab dari munculnya cantengan, paling sering disebabkan oleh hal-hal berikut ini:
  • Memotong kuku dengan tidak benar. Penyebab utama dari cantengan adalah kesalahan ketika memotong kuku yaitu terlalu pendek atau  Jika kuku jari kaki dipotong terlalu sehingga mengakibatkan kuku tumbuh tidak normal dan menembus kulit.
  • Bentuk kuku yang menyerupai kipas juga bisa menyebabkan kuku lebih mudah menusuk kulit.
  • Kaki berkeringat. Keringat dapat melunakkan kulit, sehingga kuku lebih mudah dilukai oleh kuku.
  • Cedera kaki akibat tersandung atau menendang benda keras secara tidak disengaja, dapat menyebabkan kerusakan pada kuku hingga membuat kuku menancap pada kulit.
  • Menggunakan sepatu atau kaus kaki yang terlalu sempit. Ternyata memakai kaus kaki dan sepatu yang terlalu sempit akan menekan kuku hingga dapat menembus kulit.
  • Kurang menjaga kebersihan kaki terutama pada area kuku.
  • Faktor genetik.

Penanganan cantengan

Untuk mencegah infeksi pada jari yang mengalami cantengan agar tidak menjadi lebih parah pertama anda harus menjaga kebersihan kulit dengan cara rutin mencucinya menggunakan air hangat dan sabun.

Untuk mengindari rasa sakit kami bisa tempelkan sedikit kapas ke kuku cantengan yang telah di lumasi dengan minyak zaitun. Ini akan membuat kuku menjadi lunak sehingga tidak melukai kukit lebih dalam.
Ketika kuku sudah lunak kamu aka lebih mudah memotongnya.

Apabila cara diatas dirasa kuranh efektif, kamu bisa langsung mendatangi dokter di klinik ataupun di rumah sakit terdekat di daerah anda.

Pencegahan Cantengan

Ada beberapa cara yang dapat anda terapkan untuk mencegah terjadinya cantengan terulang lagi, di antaranya adalah:
  • Jangan memotong kuku secara melengkung atau mengikuti lengkungan ujung jari. Potonglah kuku secara lurus ini akan lebih baik.
  • Jangan memotong kuku terlalu pendek.
  • Singkirkan kulit-kulit keras atau kulit mati yang berada di sekitar kuku menggunakan kikir khusus kuku atau batu apung.
  • Gunakan kaos kaki atau sepatu yang nyaman, yang penting tidak menekan jari-jari kaki.
  • Selalu jaga kebersihan kaki dan gunakan pelembap.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab dan Cara Mengobati Cantengan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel